Tambah Modal, Bank Capital Terbitkan 20 Miliar Saham Baru

Posted on



Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA) berencana menggelar Penawaran Umum Terbatas IV (PUT IV) melalui penerbitan saham baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) alias rights issue sebanyak-banyaknya 20 miliar saham.

Mengacu pada keterbukaan informasi yang dipublikasikan BACA, nilai nominal rights issue tersebut sebesar Rp 100 per saham. Untuk aksi korporasi ini, manajemen BACA akan meminta restu para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 25 Agustus mendatang.

Sesuai dengan POJK HMETD, perseroan akan mengajukan Pernyataan Pendaftaran dalam rangka rights issue kepada OJK setelah mendapat persetujuan dari RUPSLB. Kemudian, rights issue akan dilaksanakan setelah Pernyataan Pendaftaran tersebut dinyatakan efektif oleh OJK.

Merujuk pada ketentuan Pasal 8 ayat (3) POJK HMETD, jangka waktu antara tanggal persetujuan RUPSLB sampai dengan efektifnya pernyataan pendaftaran tidak lebih dari 12 bulan.

Menurut penjelasan manajemen BACA, dana hasil rights issue akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan.

“Informasi final sehubungan dengan penggunaan dana akan diungkapkan dalam prospektus yang diterbitkan dalam rangka penambahan modal dengan memberikan HMETD yang disediakan kepada Pemegang Saham pada waktunya, sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku,” jelas manajemen BACA, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (22/7/2021).

Mengenai dampak rights issue, aksi korporasi ini diharapkan mampu memperkuat struktur permodalan perusahaan. Dengan demikian, jelas manajemen BACA, hal tersebut dapat menambah kemampuan perseroan untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha dan daya saing dalam bidang usaha jasa perbankan.

“Seiring dengan bertumbuhnya kegiatan usaha dan meningkatnya kinerja Perseroan, diharapkan dapat memberikan nilai positif bagi seluruh Pemegang Saham Perseroan,” jelas pihak BACA.

Adapun, bagi pemegang saham BACA yang tidak melaksanakan HMETD, persentase kepemilikan sahamnya akan terdilusi sampai dengan sebesar 73,86%, apabila seluruh HMETD yang diterbitkan perseroan terlaksana oleh pemegang HMETD yang berhak.

[Gambas:Video CNBC]

(adf/adf)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *