Syarat Lengkap, Perdagangan RI-China Bakal Pakai Rupiah-Yuan

Posted on


VIVA – Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat perdagangan antara Indonesia dan China tidak lagi harus menggunakan dolar Amerika Serikat. Kedua negara bisa menggunakan mata uang masing-masing.

Perry menjelaskan, ini dikarenakan seluruh persyaratan maupun teknis operasional penerapan Local Currency Settlement (LCS) antara bank sentral China dan Indonesia sudah selesai. Bahkan, untuk pelaksanaan diantara perbankan kedua negara juga sudah selesai.

“Kabar gembira bahwa seluruh persyaratan maupun teknis operasional mengenali LCS antara Tiongkok dan Indonesia itu sudah selesai bahkan juga untuk mekanisme operasional dan bank-bank nya selesai sampai mekanisme secara teknis,” kata dia saat konferensi pers, Kamis, 22 Juli 2021.

Perry menekankan, BI juga telah melakukan sosialisasi mengenai proses finalisasi LCS rupiah dengan yuan ini ke pihak dunia usaha, swasta hingga kementerian atau lembaga. Menurutnya, pemanfaatan LCS ini bisa mendongkrak ekspor Indonesia ke China lebih pesat.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *