Rekor Kasus Kematian Hingga Demo Tolak PPKM

Posted on



Jakarta, CNN Indonesia —

Penambahan kasus harian Covid-19 mencapai 33.772 pada hari ini, Rabu (21/7). Dengan tambahan itu, akumulasi kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 2.983.830 sejak diumumkan pemerintah pada Maret 2020 lalu.

Sementara angka kasus kematian bertambah 1.383 orang yang menjadi rekor tertinggi selama pandemi. Total kematian kasus Covid-19 mencapai 77.583 orang. Sedangkan pasien sembuh hari ini mencapai 32.887 orang sehingga akumulasi 2.356.553 orang yang sembuh.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menekan kasus positif Covid-19, termasuk menerapkan PPKM darurat yang diperpanjang dengan istilah level.

CNNIndonesia.com merangkum kejadian selama 24 jam terakhir yang berkaitan dengan Covid-19 di Indonesia sebagai berikut:

BPOM Minta Promosi Ivermectin Disetop

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mewanti-wanti agar industri farmasi yang memproduksi Ivermectin tidak mempromosikan obat tersebut sebagai obat terapi terhadap pasien terpapar Covid-19.

Imbauan tersebut dikeluarkan lantaran hingga saat ini Ivermectin masih melakukan uji klinik dan belum mengantongi izin penggunaan darurat (EUA).

BPOM juga menekankan sejauh ini Ivermectin hanya masuk dalam kategori obat dengan skema perluasan penggunaan khusus alias expanded access program (EAP).

Sebelumnya, ada delapan obat terapi penanganan covid-19 yang sudah mendapat EUA BPOM.

Delapan obat terapi covid-19 tersebut adalah Remdesivir, Favipiravir, Oseltamivir, Immunoglobulin, Ivermectin, Tocilizumab, Azithromycin, dan Dexametason (tunggal).

Jumlah Testing Turun

Partai NasDem dan PKS mempertanyakan penurunan jumlah testing Covid-19 di Indonesia dalam tiga hari terakhir.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni mengatakan jumlah testing terkait Covid-19 di Indonesia seharusnya meningkat untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Sementara itu, anggota DPR RI dari Fraksi PKS Bukhori Yusuf meminta publik tidak terkecoh dengan data kasus Covid-19 yang disajikan oleh pemerintah. Menurutnya, penurunan kasus Covid-19 yang terjadi di tengah penurunan jumlah testing merupakan hal yang janggal.

Demo Tolak PPKM di Bandung

Ratusan orang menggelar aksi demonstrasi menolak penerapan PPKM darurat di Kota Bandung, Rabu (21/7).

Mereka menilai pemberlakuan PPKM yang dilakukan mulai dari pusat hingga daerah dianggap tidak berdampak terhadap pengendalian Covid-19 dan malah menyengsarakan masyarakat.

Sementara Pemkot Bandung akan melonggarkan penutupan ruas jalan di kota Bandung yang semula tiga kali menjadi sekali sehari saat PPKM Level 4.

Bandung masuk level 4 merujuk pada asesmen Kemenkes dengan perhitungan laju penularan covid-19 dan kesiapan fasilitas kesehatan.

Padang Izinkan Mal-Kafe Buka

Pemerintah Kota Padang menerapkan PPKM Level 4 mulai hari ini, Rabu (21/7) hingga 25 Juli mendatang. 

Meski masuk level 4, mal dan kafe diizinkan buka sampai pukul 21.00 WIB dengan pengunjung 50 persen dair kapasitas.

Seluruh Daerah Jatim Nyaris Zona Merah

Zona merah atau daerah berisiko tinggi penularan Covid-19 di Jawa Timur terus bertambah dari 20 menjadi 33 kabupaten/kota pada Selasa (20/7).

Dalam peta risiko yang dirilis SatgasCovid-19 setempat, nyaris seluruh kabupaten/kota di Jatim berwarna merah. Sementara hanya ada lima daerah yang berwarna oranye atau berstatus risiko sedang.

Khofifah Minta Maaf

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta maaf jika penanganan Covid-19 di wilayah setempat belum dapat memuaskan seluruh masyarakat.

Khofifah mengaku memahami bahwa rakyat telah terkena dampak yang tidak ringan atas perpanjangan kebijakan PPKM.

(mts/pris)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *