PPKM Level 4, Sandiaga Beri Dukungan untuk Sektor Parekraf

Posted on



Jakarta, CNN Indonesia —

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan mendukung penuh kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Jawa dan Bali pada 21-25 Juli 2021 yang bertujuan menekan penularan Covid-19.

“Kemenparekraf mendukung kebijakan pemerintah dalam memperpanjang PPKM Level 4 sampai tanggal 25 Juli 2021 ke depan. Kita sama-sama pantau hasilnya sebagai upaya menurunkan angka penularan Covid-19 secara signifikan,” ujar Sandiaga pada Kamis (21/7).

Menurutnya, kebijakan tersebut diadakan untuk mendorong harapan masyarakat terkait pelonggaran sektor ekonomi yang memungkinkan apabila angka Covid-19 menurun dalam beberapa hari mendatang.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sendiri dipastikan hadir di tengah masyarakat. Sandiaga mengatakan, pihaknya berupaya menyelamatkan lapangan pekerjaan, dan menghadirkan kembali berbagai mata pencaharian masyarakat secara maksimal.

Seiring dengan upaya-upaya tersebut, Kemenparekrag juga mengadakan beragam program yang ditujukan dan langsung diterima masyarakat, seperti bantuan sosial, bantuan likuiditas, hingga bantuan insentif untuk UMKM.

“Kami mempercepat program penyaluran untuk pariwisata dan ekonomi kreatif sebesar Rp2,4 Triliun sebagai bantuan pemulihan ekonomi nasional. Dibungkus dalam Kartu Pra Kerja, bantuan modal pemerintah untuk pelaku pariwisata, dan insentif,” ungkap Sandiaga.

Selain itu, juga dilakukan percepatan sertifikasi CHSE bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Pada saat bersamaan, Sandiaga mendorong agar digitalisasi diterapkan secara maksimal.

“Pelatihan digitalisasi, tidak hanya jualan online, tapi juga untuk menciptakan konten kreatif dalam ekosistem ekonomi digital untuk Indonesia bangkit, pulih, dan terbukanya lapangan pekerjaan,” katanya.

Sandiaga berharap, kasus Covid-19 di Indonesia turun pada 26 Juli mendatang. Dengan demikian, PPKM tak perlu lagi diperpanjang, dan ekonomi bisa mulai dipulihkan. Dia pun mengingatkan agar 34 juta masyarakat yang menggantungkan hidup pada sektor parekraf untuk menerima vaksinasi.

“Sehingga kita sudah bisa melonggarkan beberapa kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat menunggu kebijakan relaksasi yang berpihak pada masyarakat, tepat sasaran dan tepat manfaat,” ujar Sandiaga.

(rea)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *