PPKM Diperpanjang, Muhammadiyah Ingatkan Konsistensi Aparat dan Masyarakat : Okezone Nasional

Posted on


JAKARTA — Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti menilai keputusan pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegitan Masyarakat (PPKM) sudah tepat.

Namun demikian, ia mengingatkan agar ketentuan dalam PPKM tersebut dijalankan secara disiplin dan konsisten oleh aparat maupun masyarakat.

Mu’ti menilai PPKM Darurat yang sebelumnya diberlakukan belum cukup menahan laju penularan virus corona. Karenanya perpanjangan pembatasan ini adalah langkah tepat.

“PPKM yang diberlakukan selama tiga pekan belum cukup mengurangi penularan dan dampak kesehatan secara signifikan,” tutur Mu’ti, Rabu (21/7/2021).

Dia menilai keberhasilan PPKM sangat ditentukan oleh kedisiplinan masyarakat dan konsistensi aparat. Pemberlakuan PPKM harus diberlakukan untuk semua pihak.

“Misalnya terkait perjalanan dan kedatangan berbagai pihak dari luar negeri, terutama sinyalemen adanya TKA yang masuk dari negara tertentu,” tandas Mu’ti.

Selain itu, juga diperlukan pendekatan yang humanis persuasif. Mu’ti menegaskan bahwa pendekatan yang prosedural dan kaku sudah harus diakhiri.

“Diperlukan komunikasi yang lebih intensif dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Tidak hanya umat Islam. Jangan sampai muncul kesan kegagalan PPKM karena umat Islam,” tegas Mu’ti.

Mu’ti juga berharap bantuan sosial dari pemerintah perlu disalurkan secepatnya untuk menjamin masyarakat tetap terpenuhi kebutuhan pokok. “Vaksinasi juga perlu dilakukan akselerasi melalui kerjasama dengan berbagai pihak,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi mengumumkan bahwa PPKM Darurat diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Sehari setelahnya pelonggaran akan dilakukan bila tren kasus Covid-19 menurun. Belakangan pemerintah mengganti lagi istilah PPKM Darurat menjadi PPKM Level 4.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *