Pesawat Tempur Korsel Perkuat Skadron Lanud

Posted on


JawaPos.com – Indonesia kembali menjalin kerja sama pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dengan Korea Selatan (Korsel). Kali ini Kementerian Pertahanan akan mendatangkan enam pesawat T-50 dari Negeri Ginseng tersebut.

T-50 bukan pesawat jenis baru bagi institusi militer tanah air. TNI-AU cukup lama menggunakan pesawat tersebut. Pesawat itu memperkuat Pangkalan Udara (Lanud) TNI-AU Iswahjudi, Jawa Timur.

Kepala Dinas Penerangan TNI-AU (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah menuturkan, T-50 didatangkan untuk menutup kebutuhan TNI-AU. ”Menambah (pesawat T-50) yang sudah ada,” ungkap dia.

Meski pesawat tersebut dibuat sebagai pesawat latih supersonik, berdasar informasi dari laman resmi milik TNI-AU, T-50 buatan Korsel digunakan angkatan udara sebagai pesawat tempur.

Pesawat tersebut ditempatkan di Skadron Udara 15 Tempur. ”Dioperasikan di Skadron Udara 15 Wing 3 Lanud Iswahjudi,” kata Indan. Di sana, T-50 bersanding dengan pesawat tempur buatan Amerika Serikat, F-16.

Selama memperkuat TNI-AU, T-50 pernah mengalami insiden. Yang terakhir terjadi tahun lalu. T-50 tergelincir di Lanud Iswahjudi saat dipakai berlatih oleh penerbang TNI-AU.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *