Pemerintah Gencarkan Testing dan Tracing di Permukiman Padat, Positif Covid-19 Langsung Dikarantina : Okezone Nasional

Posted on


JAKARTA – Pemerintah akan menggencarkan testing dan tracing Covid-19 di daerah permukiman padat penduduk. Hal tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Pemerintah dalam waktu dekat atas perintah presiden akan melakukan peningkatan testing dan tracing dan perbanyakan pusat isolasi utamanya di derah padat penduduk,” ujar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat jumpa pers, rabu (21/7/2021) malam.

Baca Juga:  PPKM Level 4, Luhut: Laporan Para Gubernur, Ada Perbaikan Kasus Covid-19

Menurut Luhut, pada malam ini, sekira pukul 19.45 WIB, pihaknya akan melakukan finalisasi mengenai mekanismenya. Adapun daerah permukiman padat penduduk yang disasar yakni di wilayah aglomerasi.

“Seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Solo Raya, Semarang, Malang Raya, seperti itu, ada 7 atau 8 tadi. Begitu ditesting kalau ada positif langsung dibawa dikarantina, dikarantina obat ada, dokter ada, sehngga tingkat menjadi memburuk itu memperkecil,” katanya.

Baca Juga:  Polda Bali Kawal Distribusi 1.257 Tabung dan 71 Ton O2 Medis Cair

Luhut mengambil contoh di RSDC Wisma Atlet, yang memiliki angka kematian sangat rendah. Menurutnya, langkah ini lebih baik ketimbang isolasi di rumah, terlebih di permukiman padat penduduk.

“Kita tujuannya untuk memutus transmisi dari Delta varian ini. Ini kita akan mulai 1-2 hari akan dilakukan secara masif sehingga bisa pelonggaran pada 26 Juli, kalau semua berjalan baik. Maka kita tekankan testing, tracing dan vaksinasi itu akan berjalan paralel,” tuturnya.

(Ari)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *