Moeldoko Bantah Tuduhan ICW soal Ivermectin: Menyesatkan

Posted on



Jakarta, CNN Indonesia —

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membantah tuduhan Indonesia Corruption Watch (ICW) terkait relasi dengan produsen obat Ivermectin, PT Harsen Laboratories.

Moeldoko menegaskan tidak punya kedekatan dengan produsen Ivermectin. Ia menyebut seluruh pernyataan ICW soal kedekatannya dengan PT Harsen Laboratories tidak benar.

“Itu tuduhan ngawur dan menyesatkan,” kata Moeldoko lewat keterangan tertulis, Kamis (22/7).

Moeldoko pun membantah tudingan keterlibatan anak perempuannya, Joanina Rachma, dengan persoalan obat Ivermectin. Ia pun membantah merekrut Joanina sebagai tenaga ahli di Kantor Staf Kepresidenan (KSP).

Mantan Panglima TNI itu menegaskan Joanina hanya magang di KSP selama tiga bulan pada 2020. Moeldoko mengaku hanya ingin anaknya belajar dari para tenaga ahli di lingkaran Istana.

“Tidak ada urusan dan kerja sama antara anak saya, Jo, dengan PT Harsen Lab,” ujarnya.

Moeldoko juga menepis upaya ICW menggunakan Joanina untuk nepotisme. Ia membantah keterlibatan Joanina dalam impor beras bersama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

“Ini menodai kehormatan saya sebagai ketua HKTI,” kata Moeldoko.

Sebelumnya, ICW menyebut ada keterlibatan sejumlah politisi dan pejabat dengan produsen obat Ivermectin PT Harsen Laboratories. Salah satu nama pejabat yang disebut ICW adalah Moeldoko.

ICW menyebut Moeldoko punya relasi dengan Wakil Presiden PT Harsen Laboratories Sofia Kswara. Sofia disebut juga menjabat direktur dan pemegang saham di PT Noorpay Perkasa.

“PT Noorpay Perkasa punya keterkaitan dengan KSP Moeldoko. Salah satu pemilik saham PT Noorpay selain Sofia adalah Joanina Rachma, anak Moeldoko. Joanina menjadi pemegang saham mayoritas. Dia juga diketahui sebagai tenaga khusus/ahli di KSP,” klaim Peneliti ICW Egi Primayogha dalam diskusi daring bertajuk Berburu Rente di Tengah Krisis, Kamis (22/7).

Obat Ivermectin ramai dibicarakan publik beberapa waktu terakhir karena disebut ampuh melawan Covid-19. Moeldoko jadi salah satu pesohor yang getol mempromosikan obat tersebut.

Lewat jabatan di HKTI, Moeldoko mengirim Ivermectin ke Kudus saat mengalami lonjakan kasus Covid-19. Moeldoko juga beberapa kali memberi pernyataan ke publik bahwa ia mengonsumsi Ivermectin untuk kesehatan.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *