Klaim Kasus Covid Turun Tak Bermakna Jika Testing Rendah

Posted on



Jakarta, CNN Indonesia —

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani menyatakan klaim pemerintah terkait penurunan jumlah kasus penularan Covid-19 tak bermakna apapun jika angka testing yang dilakukan rendah.

“Klaim bahwa kasus mengalami penurunan tidak bermakna apa-apa jika testing kita rendah,” kata Netty kepada wartawan, Kamis (22/7).

Netty meminta pemerintah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap penyelenggaraan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah berjalan sejauh ini.

Ia meminta pemerintah tidak hanya sibuk mengganti istilah tanpa mengukur efektivitas dari pelaksanaan kebijakan tersebut dan menggenjot tes Covid-19.

“Jumlah testing kita turun drastis hingga 68 persen dalam tiga hari terakhir. Angka positivity rate kita juga meningkat hingga 30 persen dalam sepekan terakhir,” katanya.

Lebih lanjut, Netty menyebut pemerintah seharusnya memiliki indikator kuantitatif dalam mengukur keberhasilan penerapan kebijakan PPKM.

Menurutnya, indikator itu antara lain berupa rata-rata tingkat BOR yang bisa ditoleransi, jumlah pasien Covid-19 isolasi mandiri yang terpantau, hingga persediaan obat, tenaga kesehatan, oksigen, dan sejumlah alat kesehatan lainnya.

“Bagaimana pemerintah dapat membangun kepercayaan publik bahwa PPKM efektif jika kurang didukung angka statistik yang jelas dan transparan,” ujarnya.

Kasus positif Covid-19 harian kembali naik hari ini, Kamis (22/7). Kasus positif Covid-19 dilaporkan sebanyak 49.509 setelah sehari sebelumnya hanya 33.772 kasus.

Sementara itu, jumlah orang yang dites hari ini hanya 228.702 orang dengan positivy rate mencapai 21,65 persen.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengakui belum bisa mencapai target testing 324.283 warga selama PPKM Darurat hingga PPKM Level 4 masih belum dapat terealisasi. Pemerintah beralasan karena ada varian Delta.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan mutasi virus SARS-CoV-2 varian Delta B1617.2 memberikan banyak tekanan di beberapa upaya pengendalian pandemi covid-19 di Indonesia.

(mts/fra)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *