Kasus Covid Turun, Kredit Bank Bisa Melesat

Posted on



Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan mengatakan pada kuartal I-2021 Capital Adequacy Ratio (CAR) atau rasio kecukupan modal berada di level 18,59%.

“Syarat otoritas 14%. Cukup untuk ekspansi. Dari sisi permodalan, bank sangat bisa menyerap potensi akibat mengutamakan keselamatan manusia dengan PPKM mikro darurat,” ujarnya¬†dalam acara Economic Update, Kamis (22/7/2021).

Berdasarkan hal tersebut pula, dia mengatakan bahwa apabila bisa melewati lonjakan kasus yang saat ini angkanya 30-50 ribu per hari, maka diharapkan ada perbaikan. Artinya, turunnya kasus akan diikuti oleh kembalinya kegiatan masyarakat.

“Trigger korporasi mengakomodir sehingga demand dari sisi kredit dengan makin cepat atasi ini, pemulihan ini, bank akan berpartisipasi. Dari sisi digital, keperluan consumer loan bisa dipenuhi melalui jalur digital,” tegasnya.

Selanjutnya terkait penyaluran kredit, sebagaimana catatannya, pada kuartal pertama tahun ini permintaan membaik dan membuat perbankan secara rata-rata mengalami pertumbuhan.

“Bank Mandiri tumbuh 6% kuartal pertama, Kuartal kedua sampai Mei masih¬†OK,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, masyarakat masih memerlukan kartu kredit untuk bertransaksi. Kemudian berbicara mengenai sektor kesehatan misalnya, masih perlu membayar biaya tagihan supplier sehingga bisa memanfaatkan perbankan.

“Selalu di balik crisis situasi tertentu muncul opportunity. Kami melihat health care, makanan minuman. Kemudian konsumen via online, pergi ke supermarket. Di samping juga masyarakat membeli suplemen kesehatan, anything related to health care,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *