Kapolri Instruksikan Penyaluran Bansos Bagi Warga Dipercepat

Posted on



Jakarta, CNN Indonesia —

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan pada seluruh jajarannya agar mempercepat penyaluran bansos selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Listyo berharap tak ada lagi masyarakat yang mengeluh tak mendapat bansos.

“Terus bergerak pastikan masyarakat mendapatkan bantuan sosial di tengah pandemi Covid-19. Polda jajaran bergerak cepat dalam penyaluran sehingga ke depannya tidak ada lagi di suatu wilayah yang warganya mengeluhkan tidak mendapatkan bantuan,” kata Listyo saat menggelar video conference dengan jajaran dari Mabes Polri, Jakarta, Rabu (21/7).

Jenderal bintang empat itu meminta agar kepolisian melakukan asistensi terhadap anggaran masing-masing daerah yang dialokasikan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Komunikasi, kata dia, perlu dilakukan dengan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompinda) lantaran capaian belanja daerah terkait penanganan pandemi Covid-19 saat ini dinilainya masih rendah.

Beberapa yang perlu diperhatikan, menurut Listyo, ialah berbagai jenis bantuan masyarakat, bansos sembako dan bansos tunai pusat. Lalu, pembuatan rumah isolasi oleh Pemda setempat serta pengadaan dan distribusi obat-obatan.

“Indikator keberhasilan adalah seluruh belanja daerah dilakukan secara cepat dan tepat sasaran serta akuntabel,” jelasnya.

Selain itu, pucuk pimpinan Korps Bhayangkara ini turut meminta agar seluruh jajaran mulai dari Bhabinkamtibmas untuk melakukan pemetaan di masing-masing wilayah agar penyaluran bansos dapat tepat sasaran.

Dalam hal ini, kata dia, bansos tak hanya bagi wilayah yang menerapkan PPKM Level 4, namun juga wilayah dengan PPKM Level dan PPKM Mikro.

“Lakukan pendistribusian bansos dan obat-obatan dengan metode proaktif dan reaktif sehingga dapat tepat sasaran” kata dia lagi.

Mantan Kabareskrim ini meminta agar masyarakat tak ragu untuk berkomunikasi dengan aparat jika bansos yang didapat untuk kebutuhan hidup sehari-hari sudah habis.

Sigit memastikan, jajarannya bakal kembali mengirimkan bansos tersebut baik yang diberikan dari pemerintah maupun Polri.

(mjo/psp)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *