Ini Alasan Pemerintah Berlakukan PPKM Level 4 Hinggal 25 Juli 2021

Posted on


JawaPos.com – Kementerian Maritim dan Investasi (Marves) menyampaikan, sesuai  Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pemerintah akan mengimplementasikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 25 Juli 2021.

Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan, pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah kemarin, ditemukan beberapa daerah yang masih cukup banyak terjadi pelanggaran Protokol Kesehatan yang telah dianjurkan.

Bahkan banyak pelanggaran tak menghiraukan Surat Edaran Menteri Agama No. 15 Tahun 2021 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Sholat Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban tahun 1442 H dan juga himbauan dari Majelis Ulama Indonesia serta organisasi keagamaan lainnya.

’’Sangat disayangkan karena akan meningkatkan kasus konfirmasi covid 19 varian delta ini dalam satu dua minggu kedepan,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (22/7).

Jodi melanjutkan, pemerintah akan mulai melakukan relaksasi PPKM pada tanggal 26 Juli 2021. Adapun keputusan untuk  melakukan relaksasi ataupun pengetatan diambil setelah mempertimbangkan kombinasi empat faktor penentu.

Jodi merincikan, faktor tersebut diantaranya, jumlah penambahan kasus konfirmasi per 100 ribu penduduk selama 1 minggu yang merupakan hal penting untuk menentukan tingkat transmisi Covid-19. Kedua, jumlah kasus penderita Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit (RS) per 100 ribu penduduk selama 1 minggu. “Indikator ini dapat menjadi indikator utama kenaikan kasus karena  beberapa daerah ada yang menahan publikasi kenaikan kasus,” ungkapnya.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Romys Binekasri





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *