Ekonomi Digital Terus Berkembang, SDM Teknologi Makin Dibutuhkan

Posted on


VIVA – Kebutuhan untuk menyiapkan sumber daya manusia di bidang teknologi, khususnya data science dan artificial intelligence (AI) dinilai harus menjadi perhatian kalangan perguruan tinggi dan stakeholders lainnya saat ini. Hal itu untuk SDM di Indonesia siap mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di era digital saat ini.

Hal itu kian mendesak karena Pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, telah mengakselerasi kehadiran teknologi digital dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. 

Founder perusahaan pembelajaran dan pelatihan bidang Data Science & AI, Data Academy, Nadia Alatas mengatakan, laporan The Future Job of Report 2020 oleh World Economic Forum (WEF) sudah mengkonfirmasi dinamika tersebut.  Pengembangan teknologi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah terjadi saat ini. 

“Hal ini mengindikasikan tentang mendesaknya kebutuhan pekerja antara lain di bidang data science dan analytics, AI dan machine learning specialist, big data analytics, internet of thing (IoT) specialist, serta digital marketing specialist”, ujar Nadia, dikutip dari keterangannya, Kamis 22 Juli 2021.

Nadia mengatakan, laporan Bank Dunia yang berjudul ‘Prospek Ekonomi Indonesia: Mempercepat Pemulihan’ pada Juni 2021 juga menyoroti hal tersebut. Laporan itu menjabarkan masih minimnya lapangan kerja yang layak dan berkualitas untuk mendorong pertumbuhan masyarakat kelas menengah di Indonesia.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *