Contoh Surat Keterangan Domisili Lengkap dengan Kegunaannya

Posted on



Membuat surat keterangan domisili. Foto: dok. https://unsplash.com/
Untuk melengkapi dokumen pendukung dalam mengurus beberapa ketentuan, kita perlu menggunakan surat keterangan domisili sebagai salah satu syaratnya. Untuk dapat membuatnya, berikut ini adalah pemaparan singkat mengenai contoh surat keterangan domisili lengkap dengan kegunaannya.

Contoh Surat Keterangan Domisili Lengkap dengan Kegunaannya dan Syarat Pembuatannya

Surat keterangan domisili merupakan salah satu jenis surat resmi yang dibuat untuk menyatakan seseorang yang tercantum dalam surat merupakan penduduk yang berdomisili di suatu daerah. Surat keterangan domisili ini umumnya dikeluarkan oleh pemerintah kelurahan atau desa setempat.
Penjelasan singkat mengenai surat keterangan domisili ini juga disebutkan dalam buku berjudul Pajak Internasional yang disusun oleh Kartika Putri Kumalasari, S.E., M.SA., Ak., CA., ‎Nurlita Sukma Alfandia, S.E., M.A. (2020:12) yang memaparkan bahwa surat keterangan domisili digunakan untuk membuktikan bahwa seseorang telah menjadi penduduk di suatu negara atau wilayah, maka dapat dilakukan dengan menunjukkan surat keterangan domisili yang ditandatangani oleh pejabat berwenang di negara tersebut. Untuk dapat membuat surat domisili, umumnya Anda perlu memenuhi persyaratan berikut ini:
  • Berusia 17 tahun dan sudah memiliki KTP

  • Menyertakan surat pengantar dari RT dan RW

  • Menyertakan lampiran fotokopi KTP dan Kartu Keluarga

  • Surat permohonan dokumen dan data

  • Pas foto 3×4 sebanyak 1 lembar

  • Surat kuasa jika pengurus diwakilkan dan lengkapi dengan materai 6000

Membuat surat keterangan domisili. Foto: dok. https://unsplash.com/

Setelah memenuhi persyaratan, Anda dapat membuat surat keterangan domisili untuk kemudian dicetak dan digunakan. Bagi Anda yang penasaran dengan isi surat domisili, Anda dapat mengetahui isinya dalam contoh surat keterangan domisili berikut ini:

SURAT KETERANGAN BERDOMISILI

Dengan ini Kepala Desa Suka Maju Kecamatan Suburjaya Kabupaten Bandung Selatan menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Tempat/Tgl. lahir : Depok, 23 September 2001

Alamat : Jl Manuk Dadali 5 RT. 6 RW . 7

Berdasarkan permohonannya serta catatan kependudukan yang ada di kantor kami, nama tersebut berwirausaha dengan membuka rumah makan di Jl. Manuk Dadali 5 yang berdomisili di Kp. Perdamaian Abadi RT. 6 RW. 7 Desa Suka Maju Ke. Suburjaya Kabupaten Bandung

Surat keterangan ini dibuat untuk pembuatan paspor dan berlaku sampai 28 April 2036 dan dapat diperpanjang kembali.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya, Saya ucapkan terima kasih.

Desa Suka Maju, 28 Oktober 2035

Pemohon An. Kepala Desa Suka Maju

Wildan Ramadhan Fauzul Winarno

Pemaparan singkat mengenai contoh surat keterangan domisili dan juga kegunaannya dapat Anda jadikan sebagai panduan untuk membuat surat keterangan domisili. Semoga bermanfaat. (DAP)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *