5 Gejala Kehamilan yang Tidak Perlu Dikhawatirkan

Posted on



Ilustrasi gejala hamil. Foto: Shutter Stock
Hamil menjadi momen yang membahagiakan bagi setiap wanita. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa kehamilan juga bisa membuat ibu tidak nyaman, baik secara fisik atau pun mental.

Ya Moms, ada beberapa kondisi yang mungkin membuat ibu hamil merasa khawatir. Dilansir Parents, beberapa ibu hamil merasa takut tidak bisa menjadi ibu yang baik untuk anaknya kelak. Beberapa lainnya juga takut bahwa mungkin kehamilannya tidak akan berjalan dengan lancar.

“Ibu hamil perlu mengingatkan diri mereka sendiri bahwa sebagian besar kehamilan berjalan lancar,” kata Bruce Flamm, MD, seorang OB-GYN di Riverside, California.

Selain itu, gejala yang timbuh saat hamil juga bisa membuat ibu cemas karena bisa membahayakan diri dan bayi di dalam kandungan. Padahal, meski membuat ibu hamil tidak nyaman, ada beberapa gejala kehamilan yang normal terjadi. Sehingga, Anda tidak perlu cemas, Moms.

Berikut adalah 5 gejala hamil yang tidak perlu dikhawatirkan.

5 Gejala saat Hamil yang Tidak Perlu Dikhawatirkan

Ilustrasi ibu hamil kelelahan. Foto: Shutter Stock

Kelelahan merupakan kondisi biasa yang sering kali dirasakan ibu hamil. Beberapa ibu hamil masih melakukan pekerjaan dan tugas rumah tangga selama kehamilan. Ditambah lagi, mereka membawa beban berat di dalam perutnya. Hal itulah yang kerap membuat ibu hamil mudah merasa lelah dari biasanya.

Meski begitu, asisten profesor Obstetri, Ginekologi, dan Biologi Reproduksi di Harvard Medical School, Alice Domar, Ph.D., mengatakan bahwa kelelahan bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Namun, ibu tetap harus memperhatikan kondisi kehamilannya dan tidak perlu melakukan semua tugas yang dirasa memberatkan.

Moms, tahukah Anda bahwa beberapa ibu hamil mungkin akan mengalami mimpi buruk.

“Sangat normal bagi ibu hamil untuk mengalami mimpi buruk hingga menakutkan sekalipun,” kata Alice.

Menurutnya, mimpi buruk saat hamil dipengaruhi oleh perubahan hormon yang signifikan. Banyak ibu hamil melaporkan mengalami peningkatan mimpi buruk secara acak. Mimpi buruk ini biasanya meningkat pada trimester ketiga kehamilan, namun itu merupakan hal normal dan akan hilang saat masa kehamilan selesai.

Ibu hamil sembelit. Foto: Shutterstock

Sembelit merupakan keluhan umum selama kehamilan. Zat besi dalam vitamin prenatal yang dikonsumsi ibu hamil bisa menjadi salah satu penyebabnya lho, Moms. Namun, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena ibu hamil dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi lebih banyak serat, cairan dan berolahraga.

Menurut Alice, ibu hamil akan lebih pelupa, terutama pada trimester ketiganya. Meskipun terkadang melupakan kata-kata, janji, atau tugas terkadang membuat frustasi, tapi itu merupakan bagian normal dari kehamilan. Kondisi ini sering kali membuat ibu hamil merasa stres, namun akan lebih baik mereka tidak terlalu mengkhawatirkannya.

5. Perubahan suasana hati

Ibu Hamil Menangis Foto: Shutterstock

Ibu hamil biasanya mengalami perubahan dalam pola tidur dan kebiasaan makan selama kehamilan, dan ini dapat mempengaruhi keadaan emosionalnya. Alice menjelaskan bahwa sangat normal untuk merasa takut, mudah tersinggung, atau ambivalen saat hamil, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Cobalah nikmati kehamilan Anda dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai, Moms.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *